Inilah Penjelasan Kenapa Sebaiknya Ponsel Tak Berada di Tempat Tidur


 
Photo copyright Thinkstockphotos.com

Ponsel jaman dulu berbeda dengan jaman sekarang. Sudah mengalami banyak perkembangan dan kualitasnya semakin bagus. Namun, tidak terlalu bagus bagi kualitas tidur kita.

Nyatanya, masih banyak di antara kita yang menjadikan ponsel sebagai 'teman tidur'. Dan inilah yang membuat para ilmuwan insomnia dan profesor di dunia ini menyarankan agar semua orang tidak meletakkan ponsel mereka di tempat tidur, bahkan di kamar.

Ada beberapa hal yang sangat mengganggu dan bisa menjadi masalah serius kalau Anda tak perhatian akan hal ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi pada mereka yang sering menggunakan ponsel sambil tidur, sampai ketiduran atau sekedar meletakkannya di tempat tidur.

Gangguan Mata

Kedengarannya simpel, namun sangat berbahaya. Apalagi bila Anda masih muda, sayangi deh mata Anda. Ponsel jaman sekarang dibuat dengan pencahayaan yang luar biasa bagus dan layar canggih, namun bisa mencederai mata Anda. Terutama bagi Anda yang menggunakannya sambil tidur atau menggunakannya dalam keadaan gelap.

Insomnia

Dr Charles Czeisler juga mengatakan bahwa cahaya ponsel bisa membuat kita merasa bangun terus karena merasa bahwa hari terasa seperti siang. Cahaya yang mengenai mata memberikan respon pada tubuh untuk mengatur hormon melatonin (yang membuat ngantuk) dan kortisol (hormon untuk bangun). Pesan dari mata menyampaikan ke otak untuk membuat kita tetap bangun.

Tinitus

Hal ini terjadi, utamanya karena sering mendengar dering ponsel atau menggunakan earphone. Selembut apapun suaranya, kalau intens, maka akan membuat kita terngiang-ngiang akan bunyi itu. Tak ada sumber bunyinya, namun telinga seolah mendengar suara berisik itu.

Sakit Kepala

Sakit kepala ini beragam. Ada yang berupa pusing, terasa berputar, vertigo, terasa berat dan sebagainya. Semua mungkin terjadi. Semua ini sebenarnya masih berhubungan dengan cahaya yang dipancarkan oleh ponsel Anda. Kadang hal ini bisa menyebabkan masalah mata, kadang berhubungan dengan syaraf.

Kualitas Tidur Menurun

Sebenarnya ini yang paling merugikan. Kualitas tidur menurun, bisa jadi karena Anda hanya mendengar suara ringtone, kemudian terbangun dan tak bisa tidur lagi. Akhirnya Anda susah tidur dan sangat bad mood keesokan harinya. Bila terjadi dalam jangka panjang, hal ini bisa menyebabkan Anda menghadapi semua masalah pada poin di atas.

Para ahli menyarankan untuk mematikan ponsel Anda selagi tidur dan meletakkannya jauh dari kasur. Ini memang bukan salah dari ponsel tersebut, namun bagaimana kita memanage untuk menggunakannya secara bijak. Well, semoga bermanfaat.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top